Cara Backup Chat, Gambar Dan Video Whatsapp Secara Otomatis

No Comments
( Source Image : Pixabay.com )
Selamat pagi sahabat Tutorial Masta, di artikel ini saya ingin berbagi tips, trik dan tutorial android yaitu tentang cara backup chat, gambar dan video whatsapp secara otomatis. Jadi nantinya kalian tidak perlu melakukannya secara manual melakukan pencadangannya.
Whatsapp atau yang bisa dikenal dengan WA menjadi salah satu aplikasi chatting paling populer saat ini dengan jumlah install hampir mencapai 60jt untuk pengguna android yang penulis rangkum dari Playstore dan itu belum termasuk pengguna IOS.
Alasan Whatsapp menjadi aplikasi yang cukup diminati adalah karena mereka tidak meletakkan iklan di aplikasinya. Berbeda dengan BBM yang cukup banyak menampilkan iklan di aplikasinya sehingga mengurangi kenyamanan bagi penggunanya.
Selain alasan karena tidak memasang iklan di aplikasinya, Whatsapp sendiri memiliki beberapa kelebihan yang menjadikannya banyak diminati oleh para penggunanya seperti :

  1. Ringan & lebih cepat dalam mengirim pesan
  2. Kirim file gambar, pdf, word dan video lebih cepat
  3. Fitur Update Status ( Tersedia versi terbaru )
  4. Bisa dibuka di komputer dengan fitur " Whatsapp Web "
  5. Fitur Grub Chat
  6. Langsung terintegrasi dengan kontak, jadi otomatis terdeteksi kontak yang disimpan apabila sudah terdaftar di whatsapp
  7. Dll
Meski memiliki banyak kelebihan, terkadang whatsapp juga bisa mengalami error seperti tiba-tiba " force close " atau menutup sendiri. Hal ini sering dialami untuk hp android yang jarang dibersihkan chache nya ataupun aplikasi WA nya memang corrupt.
Untuk mengatasi masalah tersebut kalian bisa install ulang whatsapp nya atau hard reset ( mengembalikan ke settingan pabrik ). Tentunya nanti akan hilang semua datanya kan? Oleh karena itu saya mencoba berbagi kepada kalian cara backup chat, gambar dan video whatsap secara otomatis. Berikut adalah step by step nya :
  • Silahkan unduh aplikasi " Whatsapp " jika belum memilikinya
  • Kemudian buka aplikasinya dan login
  • Setelah itu masuk ke " Pengaturan " -> " Chatting "
  • Kalian pilih menu " Cadangan Chat "
Langkah selanjutnya untuk backup data maupun chat whatsapp adalah kalian setting integrasi dengan akun google drive
  • Silahkan kalian klik settingan google drive nya
  • Kemudian atur jadwal backup otomatisnnya mau setiap hari, minggu ataupun bulan. ( Saya merekomendasikan kalian untuk memilih " harian " )
  • Untuk akun sendiri, kalian gunakan akun utama email kalian yang sudah login di HH android kalian nantinya
  • Untuk pencadangannya sendiri ada dua pilihan, yaitu " Wifi Only " dan " Wifi atau Seluler "
  • Silahkan kalian pilih yang " Wifi dan Seluler " agar bisa backup data whatsapp menggunakan paket data
  • Untuk pilihan terakhir adalah " Sertakan Video ". Saya menyarankan untuk tidak dicenthang, karenan nanti juga back up file video yang tentunya jika menggunakan paket data akan lebih boros kuotanya dan lama nanti restore datanya karena besarnya data backup
  • Jika ingin langsung backup waktu itu juga, langsung kalian klik " Cadangkan Sekarang "
NB :
  • Settingan default yang dicadangkan oleh whatsapp adalah chat dan gambar
  • Untuk ikut mencadangkan video silahkan centang " Sertakan Video "
  • File backup whatsapp nantinya akan disimpan di akun google drive yang nantinya tertaut dengan akun email kalian
  • Untuk restore data sendiri nantinya kalian harus memakai alamat email yang sama, nanti ada pilihannya kembali ketika kalian login whatsapp
  • Jika nanti di restore, kalian bisa memilih restore chat saja atau beserta gambarnya
Baca juga artikel terkait tips, trik dan tutorial android dibawah ini :
  1. Cara Ekstrak File ZIP/RAR Di Komputer Maupun HP Android
  2. Cara Menyembunyikan File Atau Folder Di Android Tanpa Aplikasi
Demikianlah yang dapat saya bagikan tentang Cara Backup Chat, Gambar Dan Video Whatsapp Secara Otomatis. Semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari artikel tips, trik dan tutorial android ini.
Untuk pertanyaan, kritik maupun saran silahkan tulis di kolom komentar. Apabila dirasa bermanfaat, jangan lupa untuk subscribe dan share artikel di blog ini ya?
Sumber gambar tutorial : " Onwap Blog's "
comments

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.